Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Mengenal Macro Exel 2007

Share on :

Pada postingan Kali ini saya akan menjelaskan beberapa bagian yang perlu kita ketahui tentang dasar-dasar dari Macro Ecel 2007.

Secara umum Macro Exel dapat diartikan sebagai program yang berisi rangkaian perintah untuk mengatur beberapa aspek pada Exel sehingga pekerjaan dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut ini daftar istilah-istilah yang berkaitan dengan Macro Exel yang perlu anda ketahui.

1. Visual Basic Editor

Yang dimaksud dengan Virtual Basic Editor atau Exel VBA Integrted Development Environment (IDE) adalah lingkungan tempat program macro Exel dibuat.

2. VBA

Bahas pemrograman yang digunakan dalam Macro Exel 2007 adalah Visual Basic for Application atau yang biasa disingkat menjadi VBA. VBA tidak hanya digunakan untuk Microsoft Exel, tetapi juga digunakan pada Microsoft Word, Microsoft Acces, Microsoft Power Point. Masing-masing aplikasi yang digunakan VBA disebut sebagai host application. VBA juga digunakan oleh system pemrograman yang berdiri sendiri yaitu Visual Basic (VB).

3. Objek Model dan Exel Object Model

Setiap VBA host application akan memiliki objek model tersendiri yang khas sesuai dengan objek-objek yang terdapat dalam aplikasi tersebut. Misalnya pada VBA Exel akan meliputi property dari objek-objek Exel seperti worksheet, workbook, cell, baris, kolom, grafik,dan sebagainya. Sedangkan VBA Word sendiri meliputi document, paragraph, font, header, table, dan sebagainya.

4. Code

Instruksi-instruksi VBA dalam suatu modul jika Anda hendak membuat macro.

5. Control

Objek dalam Userform atau worksheet yang dapat dimanipulasi, seperti command button, text box, check box, combo box, list box,label, dan option button.

6. Function

Salah satu tipe VBA macro yang memiliki return value.

7. Macro

Macro adalah sekumpulan instruksi dalam VBA yang dijalankan secara otomatis.

8. Method

Suatu program pada suatu objek tertentu.

9. Module

Lembar kerja tempat menuliskan kode-kode VBA.

10. Property

Karakteristik suatu objek seperti ScrollArea, Font, dan Name.

11. Procedure

Nama lain dari macro. Sebuah procedure dapat berupa sub procedure atau fungsi.

12. Sub procedure

Salah satu tipe VBA dan tidak memiliki return value.

13. UserForm

Lembar kerja yang berisi control dan instruksi VBA unutk memanipulasi antarmuka pengguna (user interface).

0 comments on Mengenal Macro Exel 2007 :

Post a Comment and Don't Spam!

Mohon Tinggalkan komentar nya ya