Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Membedakan Perangkat DTE dan DCE

Share on :
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang sebuah perangkat jaringan yang termasuk dalam Router yaitu kapan digunakan kabel DTE dan DCE dan bagaimana cara membedakan kedua kabel tersebut pengertian kabel DTE dan DCE berikut penjelasanya.
PENGERTIAN DTE
Data Terminal Equipment (DTE) adalah instrumen terakhir yang mengubah informasi menjadi sinyal atau sinyal yang diterima reconverts. Ini juga dapat disebut sirkuit ekor .

Sebuah perangkat DTE berkomunikasi dengan data circuit-terminating equipment (DCE).
DTE adalah unit fungsional dari sebuah stasiun data yang berfungsi sebagai sumber data untuk melakukan komunikasi data . Fungsi kontrol harus dilakukan sesuai dengan protokol link .
DTE merupaka sebuah peralatan atau subsistem yang saling berhubungan dengan beberapa peralatan yang melakukan fungsi yang diperlukan untuk memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi.
Biasanya, perangkat DTE adalah terminal (atau komputer meniru terminal), dan DCE adalah sebuah modem atau perangkat lain milik operator.
Aturan umum adalah bahwa perangkat DCE menyediakan sinyal clock (clocking internal) dan perangkat DTE mensinkronisasikan pada jam yang diberikan (clocking eksternal).
Istilah ini juga umum digunakan dalam dunia telekomunikasi untuk menentukan perangkat jaringan, seperti terminal, komputer pribadi tetapi juga router dan jembatan, yang tidak mampu atau tidak dikonfigurasi untuk menghasilkan sinyal clock. Oleh karena itu koneksi PC ke PC Ethernet juga dapat disebut DTE ke komunikasi. Komunikasi ini dilakukan melalui kabel crossover Ethernet sebagai lawan dari PC ke DCE (hub, switch, atau jembatan) komunikasi yang dilakukan melalui kabel straight Ethernet.

PENGERTIAN DCE

Data Circuit Equipment (DCE) adalah perangkat yang terletak antara Data Terminal Equipment dan Data Circuit Transmisi . Hal ini juga disebut peralatan komunikasi data dan operator peralatan data.
DCE melakukan fungsi seperti sinyal konversi, coding , dan garis clocking dan dapat menjadi bagian dari peralatan DTE.
Meskipun istilah yang paling sering digunakan adalah RS-232 , nammun DTE dan DCE merupakan standar dari Peralatan Komunikasi Data yang kedua peralatan tersebut saling berkomunikasi. Nama peralatan yang menggunakan peralatan standar ini adalah sbb:
• Federal Standard 1037C , MIL-STD-188
• RS-232
• Beberapa ITU-T standar dalam seri V (terutama V.24 dan V.35)
• Beberapa ITU-T standar dalam seri X (terutama X.21 dan X.25)
Ketika dua perangkat, DTE dan DCE harus dihubungkan bersama tanpa modem atau media penerjemah, maka harus digunakan kabel crossover, seperti modem null untuk RS-232 atau Ethernet .

Kabel Konsole

Kabel ini berfungsi untuk mereset senao EOC 3220, 3610, 8610 dan juga bisa digunakan untuk mereset mikroik.

5 comments on Membedakan Perangkat DTE dan DCE :

djawa said... January 16, 2012 at 6:24 PM

woww., nice info., thank you tetlah berkunjung ke blogku., ini kunjungan balik hehe., salam., :)

Kaspa Yobel said... January 17, 2012 at 3:15 PM

blog walking here,
nice blog gan,
di tunggu kunjungan baliknya ya >?>>>

Wisata Murah said... January 17, 2012 at 8:22 PM

keren ne infonya. jadi tahu fungsi DTE . thank dah dishare

Website Falah Mulyana said... January 18, 2012 at 7:30 AM

wahhhhh nih info yang bagus sobat,,,,,

kunjungan pedana nih sobat...
nice share and happy blogging sobat....

Asis Sugianto said... January 18, 2012 at 9:55 AM

kok saya baru tahu yach antara DTe san juga DTC ini.. makasih untuk informasinya sobat...

Post a Comment and Don't Spam!

Mohon Tinggalkan komentar nya ya