Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Anak SMK Ciptakan Game Edukasi Ponsel

Share on :
Terinspirasi kemajuan teknologi telepon genggam (ponsel), siswa SMKN 1 Tengaran, Semarang, Jawa Tengah, berhasil menciptakan sebuah aplikasi permainan edukasi untuk ponsel bernama Jarimatika. Aplikasi permainan berhitung untuk siswa sekolah dasar tersebut bisa diinstal di ponsel berbasis symbian.

Ide awal pembuatan game edukasi untuk ponsel ini dilatarbelakangi banyaknya siswa SD yang mempunyai telepon genggam. Selain untuk berkomunikasi, anak-anak biasanya memainkan game di ponsel milik mereka. Pembuatan game edukasi Jarimatika di ponsel ini memang tidak semudah yang dibayangkan.

Game ini dibuat oleh tujuh siswa. Proses pembuatan dilakukan sejak enam bulan silam. Untuk mempercepat pembuatan game, setiap anak memiliki peran masing-masing. Seperti pembuat program game yang sempat menemui sejumlah kendala, terutama saat program script yang mereka masukkan sempat tidak berjalan atau eror, karena basis game ini untuk program komputer namun dipindahkan ke ponsel.

Selain program, kunci permainan ini juga ada pada desain grafisnya. Agar lebih menarik bagi siswa SD, dibuatlah karakter seorang anak SD yang lucu dengan menggunakan blankon. Permainan ini bisa membuat anak lebih bersemangat belajar berhitung cepat bagi anak kelas satu hingga kelas tiga SD.

Dalam game berbasis symbian ini, terdapat sejumlah level atau tingkatan kesulitan yang dapat membantu siswa SD untuk lebih mengenal dan memahami pelajaran berhitung. Pada level satu, anak-anak diajarkan mengerti permainan Jarimatika, level kedua berisi penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan kecil seperti puluhan, sementara di level tiga berisi pengurangan dan penjumlahan dengan angka ratusan.

Setelah diuji coba pada anak SD Karangduren 1 Tengaran, ternyata game ini mendapat respon positif dari anak-anak yang merindukan game edukasi lucu seperti ini. Rencananya, game ini akan dilepas untuk umum agar lebih berguna bagi kemajuan belajar berhitung anak-anak SD di Indonesia. Mengenai penemuan yang bermanfaat itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Tengaran, Solaminudin mendukung penuh yang dilakukan para siswanya. Hal ini diapresiasikan dengan pengadaan peralatan yang memadai di sekolah.

0 comments on Anak SMK Ciptakan Game Edukasi Ponsel :

Post a Comment and Don't Spam!

Mohon Tinggalkan komentar nya ya