Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Instalasi Debian Lenny

Share on :
Pertama kali kita akan membahas bagaimana menginstal Sistem Operasi untuk dijadikan server kita, untuk itu kita menginstall Debian Lenny, berikut langkah – langkah instalasi debian lenny tersebut :
1. Pada tampilan awal pertama saat kita memasukkan DVD dan sudah melakukan proses pembacaan binary 1 nya, akan muncul tampilan awal dimana kita bisa memilih instalasi yang kita inginkan, oleh karena itu kita pilih saja data Install.
2. Setelah itu pada tampilan yang keluar berikutnya adalah menu pemilihan bahasa yang akan kita gunakan dalam instalasi ini, untuk itu pilih saja bahasa yang anda mau, misalnya English.
3. Untuk tampilan ini dan selanjutnya adalah pemilihan negara kita jadi silahkan saja,Tekan Other > Asia > Indonesia.
4. Setelah itu akan dijalankan proses Scanning CD-rom dan kita kan dibawa ke pengaturan konfigurasi Jaringan. Silahkan isikan Hostname yang anda mau pada tampilan seperti ini :

5. dan setelah dilanjutkan dengan menekan enter, anda diminta untuk mengisi domain untuk server yang anda buat, misalkan saja mardaarauf.com, mardaarauf.org, atau dengan menggunakan .sch.id. tekan enter jika sudah selesai.
6. pengaturan seanjutnya adalah memasukkan ip yang anda pakai pada jaringan server anda masukkan ip yang anda inginkan seperti contoh, ikuti beberapa langkah gambar – gambar dibawah ini:



7. Tampilan selanjutnya adalah pengaturan zona waktu yang anda tempati sekarang misalnya jakarta.
8. setelah diproses beberapa lama, akan muncul tampilan yang dimaksudkan untuk memilik cara kita mengatur partisi yang akan kita pakai untuk komputer server kita. Untuk itu pilih saja Manual untuk mengatur partisi sesuai dengan yang kita inginkan tampak seperti gambar di bawah ini :

9. lalu akan muncul pemilihan partisi harddisk mana yang akan kita lakukan pembentukan partisi baru setelah di tekan enter anda akan di ajukan pertanyaan apakah anda ingin menulis atau memilih partisi ini atau tidak silahkan pilih Yes seperti gambar berikut :
10. Setelah itu akan terbentuk sebuah partisi kosong yang akan anda atur kembali untuk ruang swap area dan ext3. seperti gambar berikut :
11. lalu pada kotak How To Use this free partition: pilih Create a new partition agar anda bisa memilih dan membuat partisi yang baru, lalu ikuti langkah –langkah seperti gambar berikut :
12. setelah itu pilih yes untuk meyakinkan partisi tersebut dan setelah itu anda telah selesai mngatur partisi yang anda inginkan. Hanya itu saja bagian yang saya jelaskan karena hanya itu saja bagian yang tersulit. Untuk lainnya anda tinggal mengikutinya saja sesuai dengan yang tampil.

0 comments on Instalasi Debian Lenny :

Post a Comment and Don't Spam!

Mohon Tinggalkan komentar nya ya