Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Perusahaan Siemens diserang Virus

Share on :
Sebuah virus komputer kikabarkan menyerang sistem kontrol industri Seamens AG yang telah digunakan secara luas, telah membuat software berbahaya yang para analis bilang dapat dipakai untuk spionase dan sabotase. sebuah perusahaan di Jerman mengatakan malware  adalah sebuah worm Trojan yang menyebar melalui prangkat USB drive yang  terinfeksi.Stuxnet diantara yang pertama yang terungkap menyerang program perangkat lunak yang menjalankan Supervisory Control and Data Acquisition atau sistem-sistem SCADA. Termasuk sistem yang digunakan untuk memantau otomatis pabrik-pabrik mulai dari fasilitas kimia dan makanan hingga generator pembangkit.

Sekali saja worm (virus) menginfeksi sebuah sistem Siemens, itu dengan cepat membuat komunikasi dengan komputer server remote yang dapat digunakan untuk mencuri data perusahaan atau mengambil kendali sistem SCADA, kata Randy Abrams, seorang peneliti ESET, sebuah perusahaan keamanan swasta yang telah mempelajari Stuxnet.

Siemens mengatakan sejauh ini hanya diidentifikasi satu pelanggan sistem SCADA yang terinfeksi oleh virus, satu pelanggan di Jerman dimana Machowetz menolak mengidentifikasi namanya. Para ahli keamanan telah lama berteori bahwa peretas--termasuk diantaranya yang bekerja untuk bangsa di suatu negara atau kelompok-kelompok teroris--suatu hari mengembangkan virus dengan sasaran sistem SCADA. Virus-virus itu bisa digunakan untuk mencuri data sensitif atau sabotase fasilitas infrastruktur utama dengan penginstruksian perangkat lunak untuk menyerang fasilitas-fasilitas tersebut.

Siemens, Microsoft, dan ahli keamanan yang telah mempelajari virus Stuxnet belum menemukan siapa yang menciptakan perangkat lunak berbahaya tersebut. (Ant/Reut)

0 comments on Perusahaan Siemens diserang Virus :

Post a Comment and Don't Spam!

Mohon Tinggalkan komentar nya ya